Sabtu, 18 Agustus 2018

Generasi Millenial, antara Rebranding Koperasi dan Filosofi Metamorfosis



Generasi Millenial, antara Rebranding Koperasi dan Filosofi Metamorfosis
(Foto: www.pinterest.ei)
Panta rhei kai uden menei. Semuanya mengalir dan tidak ada sesuatu yang tinggal menetap. Seperti sebuah sungai, semuanya terus berubah. Menurut Herakleitos, filsuf kelahiran Yunani melihat alam semesta dengan segala isinya tidak ada yang tetap, selalu berubah dari waktu ke waktu.
Herakleitos, hidup sekitar tahun 500 sebelum Masehi, memaknai  yang ada di dunia ini adalah perubahan. Esensi hidup adalah perubahan itu sendiri. Terus bergerak tidak ada yang tetap. Jika tidak berubah maka makna hidup dan keberadaannya patut dipertanyakan.
Manusia selalu terlibat dalam tiap perubahan termasuk pikiran serta cara pandang terhadap hidup dan kehidupan merupakan bagian dari dinamika hidup itu sendiri. Seperti air sungai yang terus bergerak atau mengalir. Nampak sama namun sejatinya air itu tidak tetap. Berganti dari waktu ke waktu.
(Foto: www.jurnaltoddopuli.wordpress.com)
(Foto: www.jurnaltoddopuli.wordpress.com)
Koperasi mesti tangguh, berkaca dari koperasi Restauran Indonesia
Hidup manusia itu dinamis tidak lepas dari kegiatan ekonomis, ingin hidup makmur dan sejahtera. Untuk mencapainya, bangsa ini telah mengaturnya dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 1, "Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan".
Pada bagian penjelasan menyebutkan bahwa produksi dikerjakan oleh semua, untuk semua, di bawah pimpinan atau pemilikan anggota-anggota masyarakat. Kemakmuran masyarakat itu yang utama bukan kemakmuran orang-seorang. Oleh sebab itu perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Bangun perusahaan yang sesuai dengan itu ialah koperasi.
(Foto:www.suara.com)
(Foto:www.suara.com)
Koperasi sangat strategis karena menjadi soko guru perekonomian nasional. Posisinya dipertegas dengan kehadiran UU no 25 tahun 1992 tentang  Perkoperasiaan. Dalam perjalanannya, dinamika keberadaan koperasi belum begitu terasa bahkan seolah mengalami stagnasi atau kemandegan dalam kurun waktu tertentu. Jika bergerak terkesan hanya jalan di tempat .
Walau jumlahnya ribuan, kontribusi koperasi di Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto Nasional (PDB) tahun 2014 hanya 1,71 persen. Padahal jumlahnya mencapai 209.488 unit koperasi.  
Tahun 2016 jumlah koperasi naik menjadi  212.135 unit, kontribusi terhadap PDB juga naik sebesar 3,99 persen. Setahun kemudian kontribusi itu kembali naik jadi 4,48 persen walau jumlah koperasi turun menjadi 153.171 unit. Penurunan jumlah ini karena sebagian koperasi ditutup sebab tidak aktif dan melanggar ketentuan.
(Foto:www.tangselpos.co.id)
(Foto:www.tangselpos.co.id)
(Foto:www.kapuas.info)
(Foto:www.kapuas.info)
Walau mengalami pertumbuhan dalam kontribusi PDB, penutupan sejumlah koperasi merupakan salah satu upaya mengembalikan citra koperasi. Bukan lagi sebagai alat kepentingan politik dan bukan lembaga sekedar ada dan minim makna serta manfaat.
Nampaknya kualitas menjadi pilihan. Kuantitas atau jumlah bukannya tidak penting tetapi keberadaan koperasi yang sekedar papan nama akan memperburuk citra koperasi. Koperasi mesti tangguh terhadap setiap perubahan dan tantangan jaman yang begitu cepat dan dinamis.
(Foto:Ko In)
(Foto:Ko In)
Koperasi menurut, Mohammad Hatta, menentang segala paham yang berbau individualis dan kapitalis. Mengutamakan kepentingan masyarakat daripada kepentingan individu atau golongan sendiri. Selain itu koperasi mendidik sikap untuk menolong diri sendiri.
Hatta peletak dasar ekonomi kerakyatan Indonesia menyebutkan bahwa koperasi itu anasir pendidikan ekonomi dan moral yang kuat karena berdasar pada solidaritas atau setia kawan dan keinsyafan akan harga diri.
(Foto:Ko In)
(Foto:Ko In)
Mereka yang pernah menjadi korban panasnya politik di tanah air membuktikan bahwa lewat koperasi, solidaritas dan harga diri terhadap martabat bangsa dapat mereka jaga. Walau mereka berada bermil-mil jauhnya dari tanah air.
Bertolak dari kesadaran agar mampu bertahan hidup di Paris, Prancis sebagian anak-anak negeri yang teralienasi secara politis, mendirikan SCOP Fraternite Restaurant Indonesia. SCOP singkatan dari Societe Cooperative d'Ouvries Pour la Production atau Badan Koperasi Kaum Buruh Untuk Usaha Produktif.
Mengapa koperasi menjadi pilihan? Menurut JJ. Kusni salah  satu pendiri Restauran Indonesia, hal itu bertolak  dari ide kebersamaan menolak individualisme dan koperasi  merupakan alat yang mampu menggugah solidaritas kemanusiaan dan keadilan.
(Foto:www.catatanbaskoro.wordpress.com)
(Foto:www.catatanbaskoro.wordpress.com)
Dalam bukunya  "Membela Martabat Diri dan Indonesia, Koperasi Restoran  Indonesia di Paris", JJ. Kusni menjelaskan bentuk koperasi menunjukkan semangat dan usaha bersama secara kolektif untuk bersama-sama mengatasi persoalan mereka demi kehidupan manusiawi bersama.

Membandingkan bentuk usaha koperasi dengan bentuk ekonomi yang saat ini dominan, yang kapitalistik seperti menentang arus. Namun dalam kenyataan, sistem kooperatif dengan menerapkan hukum-hukum umum ekonomi tetap bisa bertahan dan berkembang dalam berbagai bidang usaha sebagai sistem paralel dengan sistem kapitalis. (JJ. Kusni, Membela Martabat Diri dan Indonesia)


Koperasi Restoran Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan Restauran Indonesia, hadir di era millenial, kelahirannya dibidani oleh para intelektual yang usianya tidak lagi muda karena  alasan utama mencoba untuk bertahan hidup di negeri perantauan Prancis. Kini koperasi itu tetap eksis walau usianya sudah mencapai kepala tiga, 35 tahun.
Keberadaanya mestinya mampu membuka mata bagi siapa saja bahwa sistem usaha berbentuk koperasi tidak dapat dipandang remeh.
Berbeda dengan kenyataan di negeri sendiri bagaimana tidak mudah melepas bayang-bayang sebagian koperasi di Indonesia yang nampak kusam, kotor dan tidak menarik. Kegiatan usahanya seolah-olah sebatas simpan pinjam, menjual alat tulis kantor (ATK) dan foto copy. Belum lagi imej yang kurang dinamis, hanya untuk  generasi old, kurang ramah, terkesan ketinggalan jaman dan tidak visionable bagi generasi millenial.
(Foto:www.dayanaikap.blogspot.com
(Foto:www.dayanaikap.blogspot.com
(Foto:www.ksukencanamakmurcabangbrondong.blogspot.com)
(Foto:www.ksukencanamakmurcabangbrondong.blogspot.com)
Generasi millenial, koperasi dan rebranding
Generasi millenial lahir antara tahun 1980 sampai 2000an. Usianya berkisar antara 18 sampai 38 tahun. Lahir dalam masa dimana teknologi komunikasi mengalami kemajuan yang cukup pesat. Mereka lahir hampir bersamaan dengan lahirnya televisi berwarna, handphone dan internet. Maka tidak heran jika generasi ini lebih trampil dalam memanfaatkan teknologi komunikasi.
(Foto:www.udgtv.com)
(Foto:www.udgtv.com)
Sebagian orang mengganggap generasi millenial spesial. Berbeda dengan generasi sebelumnya, khususnya  yang berkaitan dengan teknologi. Namun akan menjadi lebih spesial jika generasi ini dapat mengaplikasikan kemajuan  teknologi komunikasi dengan dunia nyata bukan hanya sebatas di dunia maya.
Beberapa ciri generasi millenial memiliki beberapa kekurangan dan keunggulan yang dapat dimanfaatkan demi kebaikan koperasi. Seperti:
Pertamagenerasi millenial generasi yang akrab dengan teknologi komunikasi, tindakan dan pola pikirnya cenderung mengarah ke hal yang instant atau langsung jadi dan serba cepat jadi atau tersaji. Ditandai dengan kehadiran SMS atau short massage serviceemail, chatting, medsos serta game online dan akrab dengan internet.
(Foto:www.limbarup.wordpress.com)
(Foto:www.limbarup.wordpress.com)
Ditangan generasi millenial, keberadaan koperasi mestinya lebih eksis dengan menjadikan koperasi sebagai warga netizen yang mampu di akses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Sehingga koperasi semakin mudah dikenal, menarik dan dipahami dengan bantuan kemampuan generasi millenial yang akrab teknologi komunikasi.
Kedua, generasi millenial memiliki sikap terbuka terhadap gagasan atau ide baru. Gagasan yang segar, yang akrab dengan situasi kondisi kekinian merupakan kelebihan generasi millenial. Tidak ada salahnya generasi ini ikut dilibatkan dalam merebornkoperasi lewat perubahan tampilan logo, merek atau cap koperasi supaya lebih kelihatan menarik dan eyecatching.
Generasi millenial perlu mendapat peran. Diminta mengeluarkan idenya untuk menata bagaimana tampilan atau lay out toko atau kantor koperasi supaya menarik, lebih akrab dan bersahabat bagi siapa saja. Ide-ide futuristik untuk kopersi dari genersi millenial sangat ditunggu .
(Foto:www.edupaint.com
(Foto:www.edupaint.com
(Foto:www.acnu.org.cu)
(Foto:www.acnu.org.cu)
Ketiga, generasi millenial generasi yang dinamis. Melibatkan generasi ini dalam memikirkan bagaimana koperasi kedepannya merupakan langkah bijak. Dinamika sosial serta kultur generasi ini begitu cepat, melibatkan mereka artinya menjadi  generasi millenial sebagai bagian dari dinamika atau perubahan koperasi.
Jangan sampai koperasi tertinggal jauh dibelakang mereka bukan karena koperasi tidak mampu mengimbangi pola pikir  generasi millenial tetapi hanya karena tidak melibatkan semangat yang dimiliki generasi millenial. Koperasi mesti memiliki sifat generasi millenial yang dinamis.
Keempat sifat generasi millenial cenderung individualis. Mereka  kerap sibuk sendiri dengan perangkat gadgetnya, seolah menjadi  sosok yang asosial. Lepas dan tercabut dari lingkungan.  Menjadi kurang peduli dengan segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Tidak sedikit yang menyebut generasi ini adalah generasi tunduk, karena tahan menunduk berjam-jam melihat layar gadget atau telpon pintar.
(Foto:Ko In)
(Foto:Ko In)
Generasi ini seolah olah hidup dalam dunianya sendiri , dunia yang maya, dunia yang bukan sesungguhnya. Untuk itu mereka perlu disadarkan kembali bahwa hidup itu adalah nyata. Lingkungan sekitarnya adalah kehidupan nyata yang memerlukan peran dan keterlibatan generasi millenial agar lingkungan sosialnya menjadi lebih baik.
Caranya dengan melibatkan mereka dalam aktivitas nyata. Koperasi memiliki peran dalam pembentukan karakter generasi millenial agar mereka menjadi generasi yang tangguh serta memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah disekitarnya .
Koperasi membutuhkan generasi millenial. Demikian sebaliknya generasi millenial perlu diajari bagaimana hidup bersosialisasi, berinteraksi secara nyata dengan sesama manusia. Terlibat secara nyata dalam berbagai bentuk aktivitas yang dapat dirasakan secara fisik. Ada komunikasi verbal. Ada sapaan yang bersahabat dan ada kelembutan dan ada saling tatapan satu dengan lainnya sebagai bentuk penghargaan akan kehadiran.
(Foto:www.angelsfarum.wordpress.com)
(Foto:www.angelsfarum.wordpress.com)
Koperasi dapat mengisi kekurangan tersebut karena salah satu sifat koperasi adalah demokrasi. Kebersamaan merupakan suatu hal yang utama, tetap menghargai pendapat orang lain dan menjunjung kebebasan berekspresi tanpa harus mengganggu kepentingan orang lain.
Terlibat dalam koperasi artinya terlibat secara sosial mengembalikan hakekat diri manusia sebagai mahluk sosial, mahluk yang tidak dapat lepas dari kelompoknya. Sekaligus mengembalikan kesadaran generasi millenial bahwa dirinya tidak mungkin mencabut dirinya dari lingkungannya dengan asyik menyendiri bersama perangkat komunikasi modernnya.
Kelima, generasi millenial cenderung tidak sabar mengikuti proses. Semuanya ingin serba cepat dan instant. Kerap melupakan tahapan, gemar mencari jalan pintas. Padahal tidak selamanya jalan pintas dan sesuatu yang serba cepat itu baik. Tidak jarang segala sesuatu yang dikerjakan secara instant lemah dalam kualitas walau unggul dalam kuantitas.
(Foto:www.awesomebabes.webcam)
(Foto:www.awesomebabes.webcam)
Koperasi sudah lama tertinggal jauh, sedikit lambat mengikuti perkembangan budaya ilmu pengetahuan serta teknologi. Namun bukan berarti koperasi tidak ada atau mati suri. Koperasi masih eksis walau tidak sepopuler dengan aktivitas ekonomi lainnya. Koperasi tetap bertahan karena dalam dirinya ada kualitas, meletakkan dasar asas kebersamaan  dan kekeluargaan sebagai pondasi.  
Generasi millenial perlu belajar  dan terlibat dalam proses rebranding koperasi. Koperasi memang tidak populer tetapi dengan keterlibatan mereka koperasi dapat populer dan menjadi lebih berkualitas. Sebab generasi millenial memiliki beberapa kelebihan yang diperlukan koperasi. Sementara koperasi  mampu menutupi kelemahan yang ada pada generasi millenial.
Koperasi dan generasi millenial perlu bekerjasama. Tidak cukup menjadikan koperasi populer tetapi perlu membuatnya sebagai pilihan kegiatan ekonomi  nasional yang mampu mensejahterakan setiap anggotanya. Pesan itu jelas disebutkan dalam UU Koperasi no. 25 tahun 1992.
(Foto:www.kompas.com)
(Foto:www.kompas.com)
Tujuan koperasi menjadikan anggotanya atau masyarakat sejahtera. Tidak hanya secara finansial tetapi sejahtera mengarah pada meningkatnya kualitas hidup. Menjadikan anggota koperasi lebih terdidik dan berpengetahuan, memiliki sikap jujur dan mampu mandiri dalam menghadapi berbagai kesulitan jaman.
Keterlibatan generasi millenial dalam rebranding, reposisi, rebornterhadap koperasi akan menumbuhkan rasa kedekatan antara satu dengan yang lainnya. Tidak kenal maka tidak sayang kata pepatah.
Rebranding dan filososifi metamorfosis
Dari yang tidak dekat menjadi dekat. Dari yang kurang peduli menjadi peduli. Dari yang kurang sejahtera menjadi lebih sejahtera. Hal itu merupakan bentuk perubahan. Menjadi lebih baik itu artinya berubah. Kedekatan dan saling mengenal adalah kata kuncinya.
(Foto:www.iamwire.com)
(Foto:www.iamwire.com)
Sebagaimana dalam melakukan rebranding terhadap koperasi. Rebranding bukan sekedar merubah merek, logo, cap perusahaaan atau institusi. Dalam rebranding mesti ada kedekatan, merasakan adanya ruh, semangat  atau spirit dari perusahaan atau institusi yang dimaksud.
 Menurut dosen Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Dr. Sumbo Tinarbuko, brandsesungguhnya bagian dari kehidupan. Brand harus hidup dan ia harus menjadi kata kerja bukan kata benda.
Dalam pengamatan Sumbo Tinarbuko, tidak sedikit orang yang memahami brand itu sama dengan merek. Padahal merek itu sekedar nama dan nama itu memberi jarak dengan obyek yang diberi nama.
(Foto:www.bukukita.com)
(Foto:www.bukukita.com)
Manakala ada jarak dari situ tidak ada kedekatan. Branding produk memerlukan kedekatan sebagaiamana koperasi dan generasi millenial perlu membangun kedekatan agar tercipta saling keterlibatan. Sehingga memunculkan ruh, semangat  atau spirit baru dari koperasi .
Oleh karena itu konsep rebranding koperasi yang mendekatkan pada generasi millenial adalah konsep yang:
  • Melibatkan, artinya saling bertukar ide dan gagasan. Menjadikan koperasi bukan sekedar obyek kajian atau benda yang sekedar obyek garapan. Koperasi sejatinya bagian dari generasi millenial itu sendiri yang harus dikembangkan agar memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Bukan untuk generasi old atau generasi nowsaja. Tetapi semua generasi termasuk generasi new atau generasi future harus ikut merasakan manfaatnya.
  • Saling mengisi, setiap generasi memiliki kekurangan serta kelebihan. Manakal  terjadi transisi jaman atau alih generasi, terdapat pergeseran  nilai. Tidak sedikit  nilai lama tergantikan dengan nilai yang baru. Koperasi dan generasi millenial mesti saling mengisi guna mendapatkan ketangguhan.
  • Bernilai, rebranding dapat bertahan lama. Bukan berati tidak lekang dimakan jaman. Rebranding mesti memperhatikan maksud dan tujuan. Untuk itu koperasi mesti memperhatikan kondisi jamannya. Jaman milik generasi millenial berciri dinamis, cepat dan populis tanpa harus meninggalkan ciri nilai yang universal.
  • Sadar proses, siapapun yang terlibat dalam rebrandingmesti menyadari perlunya proses. Apakah itu generasi millenial atau koperasi itu sendiri. Mengembalikan atau menaikkan citra serta imej koperasi membutuhkan waktu serta proses, sebagaimana ulat membutuhkan waktu dan proses saat akan berubah menjadi kupu-kupu.
Bertapa, puasa dengan menjadi kepompong bagi ulat bukan akhir dari hidupnya tetapi awal sebuah proses untuk menjalani hidup baru. Metamorfosa atau perubahan adalah esensi hidup. Ada proses yang harus dijalani. Mau tidak mau, harus.
Keluar dari cangkang kepompong dengan cara menggigit atau memakan sedikit demi sedikit sebagian cangkang. Bagian dari proses lain yang harus dijalani ulat untuk menjadi kupu-kupu agar memiliki sayap yang indah.
(Foto:www.hipwee.com)
(Foto:www.hipwee.com)
Namun bagi manusia yang melihat hal itu mungkin terlalu lama dan muncul rasa iba. Ingin membantu ulat agar segera cepat keluar dari kepompong dan menjadi kupu-kupu agar dapat segera terbang bebas dengan sayapnya yang indah
Manusia memiliki keinginan serba cepat, mencari mudahnya,  mendapat hasil dengan menempuh jalan pintas. Termasuk dengan "menolong" proses kelahiran kupu-kupu dari cangkang kepompongnya.
Namun setelah "menolong" kupu-kupu tidak dapat terbang karena  badannya masih terlalu gendut dan sayapnya belum terbentuk sempurna. Kecil, rapuh, tidak warna-warni. Hingga akhirnya mati.
Perubahan atau rebranding terhadap simbol atau logo perusahaan dan lembaga sarat dengan nilai filosofi tentang metamorfosis. Ada waktu, ada proses bagi ulat menjadi kupu-kupu. Dalam setiap waktu, ada perubahan.
Koperasi mesti menjalani dinamika yang mengarah pada kematangan brand supaya proses rebranding menjadikan koperasi lebih berwarna-warni dengan aneka kegiatan usahanya. Koperasi bukan semata-mata brand tetapi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia.
(Foto:www.ilmupengetahuan.org)
(Foto:www.ilmupengetahuan.org)
(Foto:Ko In)
(Foto:Ko In)
Rebranding koperasi di era millenial bukan akhir perubahan namun awal dari perubahan, semuanya terus mengalir, mengarah dan menjadi  koperasi yang lebih baik. Agar dapat memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat dari waktu ke waktu. Serta membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur.
Diolah dari berbagai sumber. 
Ttg koperasi bisa di baca di www.kompasiana.com/koin1903

Selasa, 26 Juni 2018

Bulog Bersolek

Bulog Bersolek
(www.kontan.co.id)
Nama memiliki arti penting bagi setiap orang. Nama menunjukkan identitas,  jati diri serta  kekhasan untuk memudahkan dalam mengenal atau membedakan satu dengan yang lainnya. Citra diri tidak jarang tergambar dari nama.
Gambaran tentang diri sendiri atau sesuatu, menyangkut orang atau sebuah produk. Termasuk barang atau jasa menjadi mudah dipahami atau diidentifikasi jika memiliki nama, cap atau merek. Badan urusan logistik (Bulog) menyadari pentingnya nama atau brand sebagai upaya untuk menaikkan citra dan memberi nilai lebih pada produk-produknya. 
Sebagai perusahaan Badan Umum Milik Negara (BUMN), Bulog melakukan berbagai  pembenahan dalam tubuh organisasinya agar perusahaan ini dapat memberi keuntungan bagi negara. Capaian laba rugi yang fluktuatif di tiap tahunnya, menjadi tantangan sekaligus mendorong Bulog untuk kreatif melakukan berbagai terobosan usaha supaya dapat meningkatkan target pendapatan. 
(www.cakrawala.co)
(www.cakrawala.co)
Bulog menyadari pentingnya strategi komersial dalam upaya memperoleh laba. Untuk itu Bulog menghadirkan produk pangan unggulan untuk dijual di tengah-tengah masyarakat. Lewat merek dagang "Kita".
Bulog komersial untuk kita
Bukan hal yang tabu jika Bulog memposisikan diri sebagai organisasi yang mengupayakan memperoleh profit, laba atau pendapatan dengan berjualan. 
Produk dengan brand "Kita" seperti beras, gula, minyak goreng, daging, tepung atau terigu serta beberapa produk lain diantaranya cabe, ikan, kedelai dan jagung.
Tidak mudah bagi "Kita" untuk menarik perhatian di tengah-tengah produk sejenis yang sudah terlebih dahulu ada secara luas di pasar atau di masyakat dengan beraneka macam merek. 
(www.ilmu-ekonomi-id.com)
(www.ilmu-ekonomi-id.com)
Bulog memperhatikan beberapa hal terkait dengan penggunaan merek atau branding produk. Supaya kehadirannya mampu bersaing dengan produk sejenis lainnya. Sekaligus mengabarkan keberadaannya. Tidak hanya produk dengan brand "Kita" tetapi juga eksistensi Bulog itu sendiri.
(www.bulogbanyumas.com)
(www.bulogbanyumas.com)
Pertama, cap "Kita" pilihan Bulog memberi makna identitasterkait dengan produk. Nama "Kita" memudahkan konsumen atau masyarakat dalam mengingat, mencari dan mengenali produk-produk keluaran Bulog.  
Kedua, pilihan kata "Kita", memiliki arti kebersamaan antara saya dan anda. Sebagaimana gambaran tentang produk-produknya seperti  "Beras Kita" dan "Terigu Kita". Disamping bermakna menghadirkan kedekatan, tidak ada jarak antara anda dan saya. Sekaligus menjadi yang pertama. Sehingga produk Bulog pantas menjadi pilihan utama dan pertama dibandingkan produk lain.
(www.youtube.com)
(www.youtube.com)
Ketiga, dalam tiap kemasan produknya disertai dengan gambar yang menunjukkan ciri khas jenis produk Bulog. Memudahkan dalam memilih serta membedakan dengan yang lain. Disamping untuk menghindari pemalsuan dan brand atau merek "Kita" tercatat dilembaga terkait sehingga memiliki dasar hukum yang kuat.
Dalam tiap kemasannya, memiliki warna dan tulisan berbeda dengan tambahan kata "Kita" dibelakang  tiap-tiap jenis produk keluaran Bulog. Ada gambar lingkaran yang mengelilingi bahan dasar produk disertai dengan pita.
Seperti batang tebu untuk gula dengan tulisan "Manis Kita", lingkaran dan pita berwarna hijau tua. "Beras Kita" warna hijau dengan gambar padi dan daunnya. Pohon kelapa sawit dengan pita dan lingkaran warna merah untuk "Minyak Goreng Kita". Demikian pula dengan produk lainnya seperti daging dan tepung terigu.
(www.picbear.club dan www.bulogbanyumas.com)
(www.picbear.club dan www.bulogbanyumas.com)
Keempat, dengan brand "Kita" Bulog memiliki mimpi menjadikan produknya sebagai acuan standar pangan berkualitas. Harganya murah dibanding merek lain, mudah diperoleh atau didapat. Sekaligus aman dan sehat jika dikonsumsi karena sudah melewati uji laboratorium.
Gambaran positif tentang produk  akan terus terbangun sejalan dengan manfaat serta keuntungan yang dirasakan masyarakat jika membeli produk-produk Bulog. Apalagi jika sudah membandingkan dengan produk lain dan merasakan keunggulannya.
Bulog, hadir di sekitar kita dengan  pengembangan sistem distribusi
Barang-barang produksi Bulog murah dan mudah didapat karena menerapkan strategi kreatif dalam pendistribusian barang lewat kerjasama dengan masyarakat. Walau sudah memiliki pengalaman tahunan dalam pendistribusian bahan pangan. Bulog tidak berpuas diri. Bulog mengembangkan cara-cara yang inovatif dalam mendistribusikan bahan pangan pokok.
(www.kontan.co.id)
(www.kontan.co.id)
Cara pertama melalui Rumah Pangan Kita (RPK). Rumah sebagai tempat tinggal sekaligus  fungsi menjaga ketersediaan bahan pangan yang dijual dengan harga murah. Syarat menjadi RPK  juga mudah sehingga tidak sedikit orang ingin menjadi bagian dari sistem distribusi  produk-produk Bulog. 
Caranya, cukup datang ke kantor divisi regional Bulog dengan membawa copy kartu identitas, surat izin dari kelurahan dan copy nomor pokok wajib pajak (NPWP) serta mengisi formulir.
Siapkan pula tempat atau sebagian ruang yang ada di rumah untuk meletakkan dan menjual produk Bulog. Pihak Bulog akan melakukan survei lokasi guna memastikan dalam satu Rukun Warga (RW) di kampung belum ada RPK lainnya.  
(www.socimage.net)
(www.socimage.net)
Jika mendapat persetujuan maka cukup dengan modal Rp 5 juta, Bulog akan mengirim beras 160 kg, gula 200 kg dan minyak goreng 60 liter. Ditambah banner, X-banner dan flyer sebagai media promosi dan informasi. 
Kehadiran RPK membuat produk Bulog, berupa bahan pokok pangan menjadi  mudah didapat karena ada di sekitar kita. Cukup berjalan kaki untuk membeli beras atau gula karena yang jualan tetangga kita sendiri. Jam layanannya tidak kaku seperti di mini market atau toko waralaba. Kapan pun membutuhkan tinggal ketuk pintu rumah tetangga. 
"Tok.... Tok..... Tok....."
"Pagi bu El......... mau beli gula dan minyak goreng....."
Keberadaan "Kita" menjadikan Bulog kini serasa bukan hanya milik petani. Kehadiran Bulog kala itu, dirasa hanya saat masa panen saja dengan cara membeli gabah di koperasi unit desa (KUD). Namun kini masyarakat kota ikut pula  menikmati kehadiran Bulog di kampungnya, di kampung kita. Kampung anda dan saya, lewat produk-produk "Kita".
(www.youtube.com)
(www.youtube.com)
Melalui produk "Kita", Bulog mereformasi diri sebagai badan usaha milik negara yang ikut menyejahterakan rakyat. Membuat masyarakat mudah dalam mencari produk Bulog, yang harganya murah dan terjaga kualitasnya. 
Harga barang komiditas yang dikeluarkan Bulog kompetitif karena dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi atau HET dari Bulog. Walau murah terdapat  jaminan bahwa barang Bulog itu sehat dan layak edar. Sebagaimana semboyan Bulog mudah, murah dan sehat.
Kedua, Bulog sedang mempelajari dan merencanakan efektivitas dalam menggunakan alat modern Global Positioning System (GPS) guna mengaplikasikan technology point of sales. Lewat sistem ini Bulog akan lebih mudah dan cepat mengetahui letak RPK dan memonitor stok atau ketersediaan produk.
Kelebihan sistem ini diantaranya,
  • Mampu menganalisa data penjualan, berapa banyak item yang telah terjual yang dapat digunakan untuk menyesuaikan order  pebelian selanjutnya.
  • Dapat menganalisa rekapitulasi order atau pemesanan sehingga membantu dalam mengambil keputusan pesanan untuk memperkirakan adanya pelanggan atau pembeli musiman.
  • Meningkatkan ketepatan atau akurasi harga produk yang di jual di masyarakat.
Pengalaman bertahun-tahun menangani masalah logistik pangan merupakan modal tersendiri bagi Bulog untuk melakukan pengembangan usaha lewat brand "Kita". Bulog sangat mengerti bagaimana mangatur sistem masuk keluarnya barang yang disimpan dalam gudang.
Bulog memahami bagaimana menjadikan barang atau produk pangan simpanannya tetap awet, nampak manis, cantik dilihat dan sehat untuk dikonsumsi karena berdasar hasil uji laboratorium.
Tidak sedikit masyarakat yang kurang tepat dalam menilai produk pangan dari tampilan. Produk yang kelihatan putih, bersih selalu dimaknai sebagai produk yang baik. Padahal belum tentu. Ada beberapa produk pertanian atau pangan yang tampilannya tidak menarik namun rasa serta kualitasnya super dan sehat.
(www.twitter.com)
(www.twitter.com)
Gula contohnya, gula dengan tampilan butirannya agak merah kecoklatan sebenarnya lebih manis rasanya daripada gula yang kelihatan putih bersih.
Bulog memahami tuntutan tampilan dari masyarakat atau konsumen. Bulog terus mencari berbagai cara untuk mengembalikan tampilan tanpa mengurangi kualitas dan kelayakan untuk dikonsumsi. Misalnya,  dengan menggunakan mesin untuk reproses, supaya beras dapat dipoles ulang sehingga tampilannya menjadi kelihatan lebih baik dan menarik konsumen. 
(www.bukalapak.com)
(www.bukalapak.com)
Bulog sudah bersolek. Siapa yang tahan dengan kecantikannya. Masih belum tergoda...?
"Ibu-ibu..., hati-hati jika tiba-tiba bapak menjadi lebih rajin membeli "Manis Kita" di RPK tetangga walau persediaan gula pasir di rumah masih cukup."
"Bercanda, Bu...."

Bulog juga ada di www.kompasiana.com/koin1903

"Shaking Hand with" Bank Ganesha

."Shaking Hand with" Bank Ganesha(www.sribu.com)

Bank yang aman itu bank yang memberi jaminan kepastian serta tanggungjawab akan dana atau barang berharga milik nasabah. Bukan dengan melihat banyaknya cabang serta megahnya gedung. Tetapi mengetahui orang-orang dibalik layar bank tersebut.

Bank Ganesha, baru saja berulang tahun ke 26, tepat 30 April lalu. Memiliki segudang pengalaman dalam menghimpun dana. Lewat tabungan, deposito, giro sampai menyalurkan kredit bagi masyarakat yang membutuhkan. Termasuk bagaimana memberi layanan maksimal untuk transaksi ekspor, impor dan valuta asing.
Bank ini berhasil membukukan laba bersih di tahun 2017 sebesar Rp 51,1 miliar. Atau naik 30 persen dibanding tahun sebelumnya. Pengalaman menjadi salah satu faktor pendukung kinerja Bank Ganesha.  Bandingkan tahun 2016 laba bersihnya setelah dipotong pajak Rp 39,2 miliar.
(www.bankganesha.co.id)
(www.bankganesha.co.id)
Demikian halnya dengan pendapatan operasional yang naik 38 persen menjadi Rp 247,8 miliar di tahun 2017. Ini menunjukkan Bank Ganesha merupakan bank yang sehat. Apalagi rasio kecukupan modalnya mencapai 30 persen, jauh dari persyaratan minimum yang disyaratkan Bank Indonesia sebesar 8 persen.
Sosok Bank Ganesha
Prestasi serta pengalaman Bank Ganesha  menjadi salah satu pertimbangan. Bagaimana bank ini memberi rasa aman bagi calon nasabah atau nasabah. Untuk menyimpan dana serta barang berharganya. Ditambah bank ini sudah tercatat di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dapat dipastikan dana nasabah aman tersimpan di Bank Ganesha. 
Siapa orang dibalik Bank Ganesha ? Keberhasilan tersebut tidak lepas dari langkah strategi bisnis bank ini dalam mengembangkan usahanya. Dibawah kendali Surjawaty Tatang, Bank Ganesha mengalami pertumbuhan usaha yang positif. 
Presdir Bank Ganesha, Surjawaty Tatang ( Foto: www.youtube.com)
Presdir Bank Ganesha, Surjawaty Tatang ( Foto: www.youtube.com)
Waty, panggilan akrab Presdir Bank Ganesha, memegang jabatan itu sejak tahun 2015. Pengalamannya yang malang melintang di dunia perbankan dengan berbagai posisi. Pernah mendapat penghargaan sebagai  Vice President termuda di Asia dari Bank of Amerika pusat. Menjadi semacam pondasi bagi kemajuan Bank Ganesha.
Dalam kurun waktu satu tahun kepimpinannya, Waty melakukan beberapa perbaikan dan gebrakan. Hasilnya, Bank Ganesha memperoleh pendapatan sebesar Rp 180 miliar atau naik 58 persen  dibanding tahun sebelumnya. Laba bersihnya naik sampai 619 persen. Capaian luar biasa ditangan kendali seorang ibu yang memiliki dua orang anak. Postur tubuhnya yang ramping seolah menunjukkan kinerjanya yang cekatan.
Bagaimana kinerja Bank Ganesha ? Semua itu ditunjukkan dengan perolehan pendapatan dan perputaran dana yang membawa Bank Ganesha meraih berbagai pengharagaan. Diantaranya sebagai  Best Banking Award tahun 2017 dalam kategori Out standing Financial Performance. The Best CEO Bank, Bank Terbaik di Indonesia dan penghargaan  Indonesia Corporate Social Responsibility  untuk kategori Perusahaan terbaik di Bidang CSR tahun 2018.
(www.bankganesha.co.id)
(www.bankganesha.co.id)
(www.bankganesha.co.id)
(www.bankganesha.co.id)
Apa  sebenarnya Bank Ganesha itu. Hingga memperoleh banyak prestasi.
Tahun 2016, Bank Ganesha tercatat di Jakarta Stock Exchange (JSE) atau Bursa Efek Indonesia dengan kode BGTG. Share terbesar saham Bank Ganesha dipegang oleh PT. Equity Development Investment Tbk. Kemudian UOB Kay Hian Singapore, BNP Paribas Wealth Managemet Singapore dan sisanya dipegang oleh masyarakat.
PT. Equity Develoment awalnya merupakan perusahaan sewa guna usaha namun terus mengalami pertumbuhan bisnis yang cukup maju, hingga akhirnya memperluas usaha kegiatannya di bidang pembiayaan konsumen.  
Equity Development melakukan diversivikasi usaha hingga berhasil mengakuisisi sejumlah perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan. Seperti perusahaan pembiayaan, asuransi jiwa, asuransi kerugian, pialang asuransi dan sekuritas, biro adminstrasi efek dan modal ventura. Kepemilikan saham perusahaan ini di Bank Ganesha  mencapai 29.86 persen.
(www.bankganesha.co.id)
(www.bankganesha.co.id)
Sebesar 12,42 persen saham Bank Ganesha dimiliki perusahaan perbankan global yang bermarkas di Singapura, UOB Kay Hian Holding Limited. Perusahaan bergerak dalam layanan manajemen kekayaan pribadi, investasi perbankan, manajemen investasi, layanan broker dan penelitian keuangan.
Kemudian sebanyak 8,13 persen saham dimiliki oleh BNP Paribas Wealth Managemet Singapore yang berkantor pusat di Paris dan London. BNP Paribas merupakan marger dua lembaga keuangan Banque Natonale de Paris merger dengan Paribas yang menjadikannya bank terbesar keempat  di dunia berdasarkan asset yang dimiliki.   
Dana atau harta kekayaan anda pasti aman jika disimpan di Bank Ganesha, setelah mengetahui siapa pemilik mayoritasnya dan siapa yang menjadi komandan dan bagaimana menangani bank ini. Mereka adalah orang-orang yang memiliki pengalaman dan kemampuan dalam bidangnya. So, no doubt about it.  
Produk dan layanan
Bank Ganesha memiliki orang-orang  mumpuni yang mengelola dana anda. Banyak pilihan bagaimana anda akan menyimpan dana atau barang berharga di bank ini. Atau bagaimana menggunakan jasa keuangan berupa pinjaman atau kredit demi kelancaran dan pengembangan usaha.  
(www.bankganesha.co.id)
(www.bankganesha.co.id)
Tabungan salah satu produk Bank Ganesha, setiap jenis tabungan memiliki kelebihannya masing-masing. Tinggal pilih, yang jelas menguntungkan dan memudahkan serta mendukung akitivitas sehari-hari manakala melakukan kegiatan terkait masalah dana atau keuangan.
Ada tabungan Ganesha MAPClub, tabungan Ganesha Savingplus, tabungan Ganesha Pelajar, tabungan Ganesha Dollar dan tabungan Ganesha Payroll. Sementara untuk Tabunganku, setiap bank mempunyai produk ini sebagai upaya pemerintah mendorong masyarakat gemar menabung. Di Bank Ganesha , program Tabunganku memiliki keuntungan lebih bagi nasabah.
Jika buku Tabunganku rusak atau hilang, gratis biaya penggantian buku tabungan. Tabungan ini sekaligus mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak untuk gemar menabung, dengan saldo awal Rp 20.000, sudah memiliki rekening. Selanjutnya dapat menabung dengan saldo Rp 10.000.  
(www.bankganesha.co.id)
(www.bankganesha.co.id)
Salah satu produk tabungan Bank Ganesha yang cukup menarik bagi para pekerja atau perusahaan adalah Tabungan Ganesha Payroll. Tabungan ini memiliki fungsi sebagai tabungan atau rekening pembayaran gaji karyawan bagi kantor yang telah menjalin kerjasama dengan Bank Ganesha.
Manfaat Tabungan Ganesha Payroll, memudahkan perusahaan dalam melakukan pembayaran gaji karyawan . Ada cash back untuk biaya ATM, terdapat fitur produk, tidak perlu melakukan setoran awal dan tetap mendapat ATM serta bebas biaya adminstrasi.
(www.bankganesha.co.id)
(www.bankganesha.co.id)
Deposito produk Bank Ganesha lainnya. Untuk simpanan deposito, Deposito Ganesha memberikan keuntungan maksimal karena suku bunganya kompetitif.
Depoisito Ganesha memberi pilihan ke nasabahnya untuk menginvestasikan kembali bunga deposito atau transfer ke rekening Giro Ganesha atau Tabungan Ganesha. Serta dapat ditarik setiap saat dan memungkinkan dibuka atas nama dua orang pribadi atau joint account.
Kelebihan lain dari Deposito Ganesha dapat menjadi jaminan kredit. Disamping itu bunga depositonya dapat ditransfer ke rekening lain atau untuk menambah pokok simpanan. Serta dapat menentukan sendiri  pilihan mata uang serta dapat diperpanjang otomatis dengan fasilitas Automatic Roll Over.
(www.piclizard.com)
(www.piclizard.com)
Bank Ganesha berhasil memperoleh berbagai macam prestasi dalam kurun waktu yang singkat. Hal itu tentu tidak lepas dari layanan yang maksimal sehingga memberi kepuasan nasabah serta keinginan masyarakat untuk mencoba dan menikmati pelayanan yang memuaskan dari Bank Ganesha. 
Bank Ganesha memberi beberapa fasilitas seperti ATM, e-statement dan safe depositbox. Layanan pinjaman Kredit Penghasilan Tetap (KPT), Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Mobil serta kartu kredit. 
(www.bankganesha.co.id)
(www.bankganesha.co.id)
KPT dari Bank Ganesha merupakan layanan yang membantu dan memberi kemudahan bagi karyawan  dalam memenuhi kebutuhan meningkatkan menjaga kualitas hidup seperti untuk biaya pendidikan, wisata rohani atau rawat inap rumah sakit.
Supaya tetap sehat dompet dan rekening tabungan anda, jangan lupa jaga kesehatan.
Kredit Bank Ganesha diminati masyarakat terlihat dari dana yang disalurkan. Catatan akhir Desember 2017 Bank Ganesha telah menyalurkan kredit sebesar Rp 2,90triliun atau naik menjadi 20 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp 2,42 triliun. 
Orang berminat atau tertarik menyimpan dana serta barang berharga di bank tidak lain karena pertimbangan keamanan. Bank Ganesha memberi garansi keamanan  di ruang penyimpanan selama 24 jam  terhadap barang berharga yang disimpan dengan safe deposit box seperti emas dan surat berharga. Sebagai lapis pengamanan menggunakan sistem kunci ganda. 
(www.bankganesha.co.id)
(www.bankganesha.co.id)
Untuk menyewa  safe deposit box syaratnya mudah. Cukup membuka tabungan atau giro, jangan lupa fotocopy identitas untuk perorangan. Untuk perusahaan sertakan kopi akte pendirian  serta surat kuasa jika diperlukan. Ukurannya dapat dipilih sesuai kebutuhan penyewa.
Produk dan layanan Bank Ganesha lainnya  bancassurance.Layanan asuransi untuk nasabah Bank Ganesha yaitu asuransi Pro Whole Life dan Flexi Safe LinkBancassurance, layanan bank dalam menyediakan produk asuransi untuk memberi perlindungan dan produk investasi yang memenuhi kebutuhan finansial jangka panjang nasabah.
Mengingat masa depan itu penuh dengan ketidak pastian maka perlu asuransi untuk melidungi diri akan kebutuhan finansial di masa akan datang.
(www.glintz.id)
(www.glintz.id)
Perkenalan dengan Bank Ganesha rasanya tidak cukup disini. Tidak cukup saling jabat tangan atau shaking hand with Bank Ganesha, sambil bertegur sapa.
Saya, Ko In..."
" Ganesha....."
Mengunjungi  dan bertukar sapa serta diskusi di dunia maya lewat www.bankganesha.co.id, bisa membuat lebih dekat dan akrab. Karena masih ada E-Channel dengan Bangga, G-online dan G-moneyfast balance dan masih banyak lagi. Jangan lupa ada gamesnya juga.
Sebab Bank Ganesha itu bank yang berusaha menjadi terbaik. Selalu menciptakan inovasi berkelanjutan dan berkesinambungan. Menghargai perbedaan guna membangun kerjasama yang solid karena tujuan bersama bank ini adalah memperoleh target secara maksimal. 

Yang ini ada juga di www.kompasiana.com/koin1903




Senin, 25 Juni 2018

Burung Tinggal di Alam Sutera, Kapan Anda Tinggal di Apartemen Lloyd Alam Sutera?

Burung Tinggal di Alam Sutera, Kapan Anda Tinggal di Apartemen Lloyd Alam Sutera?
(www.pohonpengetahuan-wordpress,com)
Manusia itu seperti burung, selalu memiliki keinginan untuk kembali ke sarang. Ke hunian atau tempat  tinggal yang memberi rasa aman dari berbagai gangguan. Ingin selalu menikmati yang alami karena hakekat manusia hidup, tidak dapat lepas dari alam.
Burung selalu kembali ke sarang setelah seharian terbang ke berbagai tempat. Satu per satu pohon pernah disinggahi. Terkadang pamer keindahan bulu-bulunya atau riuh dengan kicauannya yang membawa harapan baru bagi kehidupan.
Sarang, bagi burung bukan hanya tempat untuk istirahat agar esok hari dapat kembali terbang menembus angin. Sarang itu tempat aman dari berbagai bentuk perubahan cuaca serta ancaman predator.
Kawasan Alam Sutera terasa rindang dengan keberadaan sejumlah pohon dan menjadi hunian alami bagi burung-burung. Mereka merasa aman karena jauh dari berbagai ancaman. Jika burung mampu memilih lokasi yang nyaman sebagai hunian ideal, mengapa tidak dengan kita.
(www.alam-sutera.com)
(www.alam-sutera.com)
Manusia, walau berada di puncak piramida makanan dan kehidupan. Membutuhkan sarang, hunian atau tempat tinggal untuk berlindung. Pilihan untuk era saat ini berbentuk landed house (rumah tapak) atau apartemen.
Hunian yang mampu mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran dengan beristirahat atau melakukan aktifitas ringan yang menyenangkan dan menenangkan hati.  Setelah penat, lelah, capek dengan berbagai aktivitas yang menyita begitu banyak energi.
Orang butuh waktu untuk mengistirahatkan tubuh, pikiran dan perasaan serta emosinya barang sejenak.
Untuk itu perlu hunian yang menunjang gaya hidup sehat. Tersedia dengan berbagai fasilitas, agar istirahat berkualitas supaya dapat melakukan aktivitas secara optimum keesokan hari.
(www.alam-sutera.com)
(www.alam-sutera.com)
Alam Sutera, tidak jauh dari ibukota Jakarta, tepatnya di Tanggerang, Banten. Kawasan residensial dan komersial yang tertata secara apik dan suistinable. Menjaga konsep berimbangan antara kebutuhan manusia dan kelestarian alam, untuk menjaga hidup sehat penghuninya.
Lahan semakin sulit, mahal dan tidak terkonversi
Tidak mudah menemukan pengembang properti memiliki visi menjaga kelestarian lingkungan guna menunjang gaya hidup sehat penghuninya. Tidak sedikit pengembang hanya mengejar profit atau keuntungan dengan memaksimalkan lahan, untuk bangunan.
Tidak tersisa ruang terbuka atau open space  sebagai salah satu kebutuhan utama penghuninya.
Alam Sutera menciptakan hunian yang ideal, sehat dan asri. Bangunan  landed house dan apartemen tertata dengan perencanaan yang matang melalui berbagai studi yang cukup lama.
Berbagai fasilitas yang tersedia bukan semata-mata memanjakan penghuni. Tetapi memiliki arti fungsional  menyelaraskan kebutuhan manusia dan pelestarian alam.
www.konsumen-review.com
www.konsumen-review.com
Hidup di kota besar, mencari lahan sebagai tempat tinggal bukan perkara mudah. Selain keterbatasan lahan, harganya juga semakin membumbung. Semakin hari semakin sulit dikejar oleh uang tabungan. Jikalau mampu, terkadang lingkungannya tidak sehat dalam arti yang sesungguhnya.
Pemerintah lewat  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro belum lama mengingatkan, pengembangan hunian di kawasan Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi jangan lagi mengusung konsep rumah tapak atau landed house. Untuk menjaga lahan pertanian tak terkonversi alias beralih fungsi menjadi perumahan. (www.detik.com, 16/4/2018)
Sejalan dengan harapan tersebut, Alam Sutera pengembang perumahan terintegrasi menawarkan apartemen Lloyd. Konsepnya memadukan gaya rumah tapak dan model apartemen sehingga mampu menghadirkan kesan serta suasana seperti tinggal di rumah tapak namun lebih praktis.
(www.slideshare.net)
(www.slideshare.net)
apartemen Lloyd Alam Sutera, 2 bedroom (www.alam-sutera.com)
apartemen Lloyd Alam Sutera, 2 bedroom (www.alam-sutera.com)
Apartemen Lloyd Alam Sutera serasa Landed House
Dalam membangun apartemen Lloyd, Alam Sutera mempercayakan konsultan terkemuka dunia, Benoy dari Singapura. Memiliki beberapa prestasi dalam mengerjakan proyek internasional. Seperti  terminal empat bandara Cangi, Singapura dan City Walk, Dubai.
(www.jual-apartement.com)
(www.jual-apartement.com)
Garapan Benoy itu menjadikan tinggal di apartemen Lloyd terasa tinggal di landed house karena;
Pertama, setiap bangunan atau tower  hanya terdiri dari lima lantai. Tujuannya memberi  nuansa rumah tapak yang personal bagi penghuni. Sehingga tidak terlalu banyak orang yang berlalu lalang dalam satu gedung atau bangunan. Memungkinkan interaksi antar penghuni berdasar sikap toleran.
Kedua, dalam satu bangunan di tiap lantai terdiri dari empat unit. Memberi suasana nyaman terjaga privacy dan sosialisasi antar penghuni terbangun lebih akrab dan kualitatif.
apartemen Lloyd Alam Sutera, 3 bedroom (www.alam-sutera.com)
apartemen Lloyd Alam Sutera, 3 bedroom (www.alam-sutera.com)
Ketigalay out apartemen mendapat perhatian khusus dari arsiteknya. Luas dan jumlah bedroom ditata sedemikian rupa dan rapi sehingga memaksimalkan ruangan agar efektif. Contoh, penempatan alat pengatur suhu ruangan atau AC yang terletak di luar. Memudahkan perawatan atau perbaikan  dan tidak mengganggu aktivitas penghuninya.
apartemen Lloyd Alam Sutera, 2 bedroom (www.alam-sutera.com)
apartemen Lloyd Alam Sutera, 2 bedroom (www.alam-sutera.com)
apartemen Lloyd Alam Sutera, 3 bedroom (www.alam-sutera.com)
apartemen Lloyd Alam Sutera, 3 bedroom (www.alam-sutera.com)
Luas ruangan apartemen sangat ideal.  Untuk unit dengan dua bedroom luasnya mencapai  99,3 meter persegi sedangkan untuk unit dengan tiga bedroom seluas 128,4 meter persegi. Cukup lega, bandingkan dengan luas yang sama untuk rumah tapak.
Keempat, setiap satu unit apartemen memperoleh satu tempat parkir kendaraan dan memungkinkan mendapat tambahan kapasitas parkir namun mendapat extra charge. Parkir tempat yang tidak terpisahkan dengan kendaraan pribadi. Salah satu sarana mendukung aktivitas kebersamaan dengan keluarga, sahabat atau teman dekat.
Kelima, sebagai hunian ideal yang menunjang  gaya hidup sehat. Penghuni apartemen mendapat fasilitas tiga kolam renang, pusat kebugaran indoor atau outdoor, lapangan basket dan jogging track.
(www.alam-sutera.com)
(www.alam-sutera.com)
Keenam, sistem keamanannya memberi rasa  aman bagi penghuni karena Alam Sutera  menerapakan perangkat keamanan yang modern, dengan tim yang tanggap akan masalah keamanan selama dua puluh empat jam.
Nyaman, aman dan sehat secara sosial dan lingkungan merupakan keinginan setiap orang. Apartemen Lloyd, Alam Sutera mewujudkannya dengan menyediakan 70 persen lahan untuk ruang terbuka. 30 persen sisanya untuk bangunan apartemen.
Apartemen Lloyd Alam Sutera (www.alam-sutera.com)
Apartemen Lloyd Alam Sutera (www.alam-sutera.com)
Konsep yang tidak biasa sebagaimana pengembang umumnya tetapi memberi manfaat besar bagi penghuninya. April tahun ini, Alam Sutera meluncurkan tahap tiga apartemen Lloyd dan tetap komit mempertahankan ruang terbuka. Terbuka terhadap segala bentuk ide dan gagasan karena ruang yang terbuka sejatinya menunjang gaya hidup sehat.
Apartemen Lloyd, Hunian Ideal Bergaya Hidup Sehat
Ruang yang sehat adalah ruang yang menghargai  setiap unsur  di lingkungan dan dapat mendorong semangat untuk berbagi terhadap sesama. Menjadikan hidup lebih berkualitas dan produktif.
Hunian yang ideal dan sehat adalah hunian yang mampu membantu penghuninya untuk mengembalikan gairah semangat bekerja dan berkarya. Lewat aktivitas sederhana yang sehat di sekitar tempat tinggal.
(www.twitter.com)
(www.twitter.com)
Apartemen Lloyd selain memberi  tawaran hunian yang ideal, apartemen ini menyediakan berbagai fasilitas di lingkungan Alam Sutera untuk menunjang gaya hidup sehat.
Ada  danau buatan seluas 6,1 hektar menghadirkan pemandangan yang menarik sehingga menjadi salah satu tempat favorit bagi penghuni untuk menghilangkan kepenatan. Berolahraga atau sekedar menikmati hari dengan kondisi lingkungan yang bersih, aman serta nyaman.
Danau tersebut sekaligus sebagai cadangan air bersih bagi lingkungan di luar Alam Sutera. Artinya, Alam Sutera tidak hanya memikirkan dirinya sendiri tetapi ikut andil memikirkan ketersedian air tanah yang bersih bagi masyarakat disekeliling perumahan.
(www.propertikompas.com)
(www.propertikompas.com)
Jalan yang lebar, rindang oleh pohon trembesi mampu meyerap air tanah menjadikan lingkungan Alam Sutera sebagai hunian yang benar-benar ideal sebagai tempat tinggal. Tidak sedikit burung yang sudah tinggal di sana dan menunggu anda. Kapan...?
Di Alam Sutera terdapat fasilitas jogging track memenuhi kebutuhan bagi mereka yang menyukai olahraga lari bersama dengan orang-orang tercinta. Walau hanya lari-lari kecil dan tidak terlalu panjang jarang tempuhnya.
(www.alam-sutera.com)
(www.alam-sutera.com)
Fasilitas penunjang kesehatan juga tersedia di Alam Sutera, kehadiran rumah sakit Omni siap menjadi payung bagi kesehatan anda dan keluarga, yang siap memberikan pelayanan kesehatan yang diperlukan selama dua puluh empat jam.
Untuk memuaskan hobi belanja ada Mall@Alam Sutera, Ikea danLiving World, Flavor Bliss atau Pasar 8 dengan segala macam kuliner pilihan. Jangan khawatir semua itu dapat ditempuh dengan bus Sutera Loop, alat transpotasi publik Alam Sutera.  
(www.alam-sutera.com)
(www.alam-sutera.com)
Bus internal shuttle ini menghubungkan seluruh area di Alam Sutera termasuk kawasan apartemen Lloyd.  Kelebihan bus ini dilengkapi dengan GPS sehingga penghuni dapat memantau, jauh dekat keberadaan bus tersebut dari  kediamannya. Ini memberi kemudahan bagi penghuni di Alam Sutera sehingga tidak terlalu lama saat menunggu bus lewat untuk mengantarkannya ke tujuan. Ke mall  atau ke kawasan dan kluster (komplek) lainnya.
Pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Alam Sutera menyediakan sarana prasarana  pendidikan tingkat pradasar sampai menengah di Santa Laurensia. Sedangkan untuk pendidikan tinggi di Universitas Bina Nusantara, institusi pendidikan yang sudah menorehkan beberapa prestasi.
Sarana pendidikan tersebut siap membangun dan mengembangkan kemampuan anak-anak dan remaja menjadi generasi yang handal dan mampu bersaing dalam menghadapi cepatnya perubahan jaman.
(www.foursquare.com dan www.jadwal-misa.info)
(www.foursquare.com dan www.jadwal-misa.info)
Alam Sutera menjadi hunian yang ideal karena melengkapi diri dengan fasilitas umum untuk ibadah seperti  masjid dan gereja. Fasilitas yang sangat diperlukan guna menjaga kesejukan hati penghuninya. Agar semakin sehat gaya hidupnya. Baik secara fisik,mental dan spiritual.

Apartemen ini, eh tulisan ini ada juga di www.kompasiana.com/koin1903

Itsmy blog

 It's my mine